Nah, setelah menamatkan 15 cerita MMSPH, maka mari kita ‘menebak’ pemahaman cinta kalian dari hati yg paling dalam selama ini. Silahkan pilih dari kelompok cerita2 ini yang paling kalian SUKAI. Jika tidak ada kotak yang cocok, pilih yang paling mendekati cocok. Nanti kunci jawabannya akan diberitahu belakangan. Selamat memilih:

  • Kutukan Kecantikan Miss X, Cintanometer, Hiks! Kupikir Kau Naksir Aku
  • Bila Semua Wanita Cantik, Cinta Zooplankton, Perbandingan-perbandingan
  • Pandangan Pertama Zalaiva, Laila Majnun, Kupu-kupu Monarch
  • Harga Sebuah Pertemuan, Lili & Tiga Pria Itu, Kotak-kotak Kehidupan Andrei
Yang mau nyoba ikutan, silahkan pilih dulu, baru scroll ke bawah!!

Kunci Jawaban Quiz MMSPH

by Darwis Tere Liye on Tuesday, 13 September 2011 at 17:49

Nah, berikut kunci jawaban dari quiz amatiran menebak bagaimana kita memahami cinta selama ini:

Kelompok 1: Para Pencinta yang Menyedihkan

Jika kita menyukai cerita klasik ‘kutukan miss x’, fantasi ‘cintanometer’ serta kisah gw banget ‘hiks, kupikir kau naksir aku’, kabar buruk, kita termasuk golongan para pencinta yang menyedihkan. Ups, maaf. Tapi begitulah, kita selalu peragu, pemilik rasa bimbang, takut menyatakan, serta banyak mendendang resah. Kita pemuja kesepian. Setiap hari sibuk menenun harapan, yang sayangnya tidak pernah menjadi kain kenyataan. Kitalah pelaku yang selama ini mem-posting status cari-cari perhatian, tidak jelas dan agak-agak galau. Kita menyukai kisah-kisah sedih tentang cinta, karena dengan demikian, sambil tertawa cengengesan, kita menyadari setidaknya memiliki teman senasib.

Kelompok 2 : Para Pencinta yang Menyebalkan

Jika kita menyukai cerita imajinatif ‘bila semua wanita cantik’, drama melankolik ‘cinta zooplankton’ serta kisah simpel antar teman ‘perbandingan2’, maka juga kabar buruk, kita termasuk kaum para pencinta yang menyebalkan. Ayolah, tentu saja tidak ada yang sempurna dalam hidup ini, apalagi cinta–yang sayangnya situasi itu justeru selalu kita inginkan. Kita ingin semua orang diberikan kesempatan yg adil, padahal sebaliknya, secara kasat-mata, semua orang tdk memiliki kesempatan yang sama. Tidak buruk untuk selalu sempurna, menunggu yang terbaik, memilih yang paling tepat, tapi masalahnya, dalam urusan ini, hei, memangnya kita sudah sempurna, terbaik atau paling tepat? Maaf. Kitalah yang selama ini selalu suka sebal dengan komen, cara berpikir, tulisan, cerita orang-orang di dunia maya yang tidak cocok dengan kita—meskipun sebalnya dalam hati. Kita jugalah yang selama ini gregetan, gemas, tidak suka atau benci atas cara berpikir yang menurut kita tidak baik. Tidak apa-apa, kabar baiknya, sebenarnya energi kehidupan para pencinta di dunia ini, lebih banyak bersumber dari kita. Para pencinta yang menyebalkan. Banyak mau. Dan buktinya, biasanya pemilih opsi ini juga yang paling banyak.

Kelompok 3 : Para Pencinta yang Memendam Rindu

Aduh, jika kita memilih kisah sendu ‘pandangan pertama Zalaiva’—bahkan suka dengan nama Zalaiva-nya, suka dengan re-make kisah legendaris Laila Majnun, serta cerita mengharukan ‘kupu-kupu monarch’, maka kita termasuk para pencinta yang memendam rindu. Nampak dari luar, kita sepertinya orang-orang yang pragmatis, tidak memuja sebuah proses cinta yang agung, tidak juga terlalu menyederhanakan prosesnya, kita sedang-sedang saja. Tapi, jauh di sepotong hati yang tersembunyi, kita memendam kerinduan pada sesuatu, seseorang, atau entahlah yang benar-benar kita sukai. Ada sebuah ruang kecil di hati kita yang tidak akan pernah bisa dimengerti orang lain. Kita mungkin tidak pernah patah-hati, tidak pernah merasakan titik-titik ekstrem perasaan, dan itu bukan masalah, boleh jadi lebih baik. Tips bagi golongan ini simpel: berbahagialah dengan apapun yang kita miliki sekarang. Berbahagialah. Ohiya, juga tidak ada salahnya dengan kebiasaan kita yang suka mengumpulkan, mengutip, atau mengkoleksi kata-kata mutiara/indah tentang cinta. Buat lucu2an masih oke.

Kelompok 4 : Para Pemuja Cinta Sejati

Nah, jika kita menyukai kisah rumit ‘harga sebuah pertemuan’, cerita nasib ‘Lili & tiga pria itu’, serta kisah tidak jelas seperti ‘kotak-kotak kehidupan Andrei’, maka kita adalah para pemuja cinta sejati itu. Dalam urusan ini, kita sedikit dari orang yang meyakini sesuatu yang hebat. Kita memiliki banyak kesempatan, juga banyak keberanian. Kita benar-benar pemuja cinta sejati. Tapi apakah semua jadi baik? Aduh, masalahnya, hari gini kita masih percaya beginian? Tidak ada cinta sejati itu. Ayolah, kita suka dengan cerita, diskusi, perbincangan, bahkan perdebatan tentang makna cinta. Lantas kenapa? Kita suka sekali berumit-rumit dengan situasi ini. Lantas kenapa? Kitalah pemimpi paling hebat dalam sebuah epik kolosal tentang cinta.

KESIMPULAN:

Sebenarnya, apapun pilihannya, dengan menyukai salah-satu dari 15 cerita di MMSPH kita sudah tergolong para pencinta yang ganjil. Bagaimana tidak? Hei, kita sedang menyukai cerita sedih, menyebalkan, bikin nangis, gregetan, gemes, dan jelas patah-hati, bukan? Seharusnya yang disukai itu adalah kisah-kisah pembangkit semangat, penuh teladan, serta simbol pengharapan hidup yang lebih baik.

Nah, dengan menyukai lebih dari satu, maka simptom dari para pencinta yang suka rumit, deg-deg-an, harap2 cemas, dan berbagai jenis lainnya baik psikis maupun fisik jelas terlihat. Tetapi itu manusiawi, hampir semua orang demikian, itu membuat keseharian menjadi lebih berwarna. Hanya saja, pesan terakhir, tips terakhir, ingatlah selalu:

1. Jika cinta itu penting, maka dia akan lebih banyak dibahas di kitab suci. Sayangnya, bahkan dengan urusan bersuci (buang hadas), saja dia kalah banyak dibahas.

2. Kehidupan ini siklus. Boleh jadi kita sudah melewati masa-masa jatuh cinta penuh semangat itu. Boleh jadi akan ketemu lagi dengan momen2 itu. Nah, ketika kita tiba di masa2 jatuh cinta, maka ingatlah, selalu berpikiran positif, proporsional, serta dewasa akan membantu banyak. Jangan merusak diri sendiri. Misalnya, buat apa berharap2 cemas dia akan mengirimkan sms, atau menelepon? padahal boleh jadi yang diharapkan sedikit pun tidak berharap2 cemas menunggu sms atau telepon kita. Jangan biarkan momen2 itu merusak diri sendiri, karena jika begitu, maka jelas cinta yang sedang kita alami bukan sesuatu yang baik. Hei, urusan beginian seharusnya memberikan manfaat dan energi positif, bukan?

3. At last, cinta sejati selalu memiliki wujud. Jangan banyak bertanya pada buku2, pada orang2, pada saya, pada siapapun. Wujud paling indah cinta sejati adalah: Ibu, Ayah, Adik, Kakak, Saudara. Wujud paling indah cinta adalah: teman2 terbaik. Jadi segeralah bilang perasaan cinta itu pada mereka. Berhentilah gombal dan membaca kisah2 seperti ini. Apalagi gombal dengan berpacaran. Itu tidak ada gunanya.

Wassalam.

Darwis a.ka Tere Liye

 

 

Yen’s note : Waktu pertama kali bang Darwis posting nih kuis di page FB, aku coba ikutan. Berhubung aku suka banget ama cerita ‘Harga Sebuah Pertemuan’ yang ternyata terinspirasi dari sebuah soal tes psikopat, aku milih yang ada cerita itu.  Waktu beliau kasih jawaban kuisnya, ternyata aku termasuk Kelompok 4 : Para Pemuja Cinta Sejati! Ngakak saya!! #gubrak