Terlepas dari kredibel tidaknya acara ini, tetep aja aku nungguin ni acara. Apalagi klo bukan gegara bigbang ikutan perform?
Ngomong-ngomong soal kredibel. entah sejak kapan aku nggak gitu percaya ama Mnet. Sistem perhitungan hasil voting-nya agak-agak mencurigakan. Bukan cuma voting doang deh, aspek penilaian yang lain juga nggak begitu transparan. Semacam penjualan CD album via website resmi agensi yang katanya nggak masuk hitungan.
Belum lagi nominasi yang dipilih entah berdasar apa. Misal Ice Cream-nya Hyuna yang masuk nominasi Best Performance padahal MV-nya aja barusan release dan blum sekalipun perform secara live. Tanya kenapa?
Soal Bigbang yang bersedia dateng dan perform, aku curiga sekaligus pede berat klo itu berarti mereka menang paling nggak, di salah satu kategori.
Hmm… plus, taruhan deh, Super Junior pasti juga menang di kategori apalah.
Jadi, walopun voting masih berjalan, sebenarnya pemenang sudah ditetapkan. Ah… terlepas dari kenyataan klo hasil voting cuma punya point sekitar 20-30% (aku lupa, berapa tepatnya) dari nilai keseluruhan.
Katakanlah aku negatif thinking, MAMA ini macam acara award
-award laen yang… udah rahasia umum, ada unsur politik ekonomi di dalamnya.
Ada yang mau tebak-tebakan? EXO-K bakal menang rookie award nggak? Feeling-ku mengatakan, iya. Walopun jujur, aku lebih berharap BAP yang menang.
Tapi… SMEnt kayaknya… entahlah, pokoknya EXO-K menang.
Eh… kalau EXO-K menang, entah kenapa aku mikirnya, SHINee nggak bakal menang. Pilih salah satu, EXO-K atau SHINee? Hehehe….
Bukan apa-apa, jatah SMEnt kebanyakan ntar. DBSK… menang satu deh. Super Junior mungkin 2 ato lebih.BoA? Eh, SNSD masuk nominasi nggak sih? Ah… f(x). Nah, menurut asas pemerataan versi aku pribadi, sekalipun SMEnt bakal dapet paling banyak, tetep aja YG ama JYP juga bakal dapet. Apalagi ada PSY. Bisa-bisa, kredibilitas Mnet bakal makin diragukan klo sampai PSY nggak menang satupun. Yah… mengingat betapa fenomenalnya Gangnam Style itu….
CubeEnt, trus… agensi lain yang aku nggak hapal namanya, paling nggak dapet jatah 1 lah ya. Sekali lagi, penilaian nggak cuma dari voting lho ya…. Ada parameter lain yang nggak gitu transparan untuk khalayak umum.
Ah… soal voting, jadi inget kalau aku justru baru nge-vote Bigbang setelah mereka bilang mau dateng, dengan kata lain, setelah aku yakin Bigbang bakal menang entah di kategori apalah. Absurd ya?
Padahal aku pernah bilang kalau nge-vote itu adalah bentuk nyata dukungan fans buat idolanya. Tapi… aku sih realistis aja, Bigbang nggak lagi perlu banget dukungan untuk bisa menangin MAMA 2012 ini. Menang atopun kalah, nggak bakal banyak ngaruh ke mereka. Beda ama EMA kemaren.
Yang lagi perlu dukungan itu… SHINee. Sebagai mantan Shawol jadi-jadian, entah kenapa, akhir-akhir ini miris aja ngeliat SHINee. Semacam… bagus sih, sejak dulu bagus, sekarang juga tetep bagus. Yah… tetep. Tetep gitu, nggak ada kemajuan yang berarti. Tetiba merasa (khawatir) klo SHINee tetep-tetep aja, lama-lama bakal kegusur para rookie yang juga bagus-bagus. Semacam kalah pamor, kalah pesona.
Tapi… entahlah, cuma perasaan aku aja, mungkin.
Masih soal voting, aku gagal paham ama yang kepikir untuk nge-hack segala. Seputus asa itukah sampe rela ber-curang ria? Setidak percaya itukah sama kemampuan idola sendiri? Kalau idola kita emang punya kemampuan dan kualitas yang bagus, tanpa curang pun, pasti menang kan?
Ah… termasuk bikin akun seabrek-abrek buat voting, silakan. Tapi, aku pribadi, males lah. Hehehe…

Udah ah, cukup curhat geje-nya. Besok klo dah muncul hasilnya, aku update lagi. Sampai jumpa dengan yen yang lebih absurd dan lebih ngaco, hehehe…

UPDATE (16.01.2013)

Huahahahaha…. *mari kita mulai dengan tertawa(?)

Well, aku jadi inget postingan ini gegara mention Bibib di twitter.

Ngakak sumpah klo inget MAMA 2012. ABSURD yet EPIC!!

Yang pertama, BIGBANG dapet award yang judulnya enggak banget “Guardian Angel Worldwide Performer”. Beneran guling-guling aku waktu tau. Untung aja, BIGBANG nggak muncul sendiri buat nerima award-nya. Silakan saja mereka beralasan lagi make-up atau apalah! Aku sih yakin berat mereka semacam binung mesti mo bilang apa dapet award hiburan dengan judul se-absurd itu, jadi milih nggak tampil. LOL. Nggak kebayang ekspresi wajah mereka, gimana rasanya dapet award macam ini😛

Setelah kupikir-pikir kembali (dengan sotoy-nya) award ini cuma award hiburan (yang bahkan nggak muncul di kategori resmi alias muncul begitu saja saat hari H sebagai… Other Category) buat nyamain jumlah (alias distribusi merata) ama awardnya Super Junior. Imbang 3 : 3. Tentu aja ini cuma teori absur seorang Yen, hehehe….

Dan aku juga pengen standing applause saat tau bukan EXO-K ataupun BAP yang dapet “Best New Male” tapi Busker-Busker. Mnet jenius! Bahkan otak konspirasi-ku nggak nyampe ke situ. Berikan award-nya pada pihak netral (Busker-Busker), beri kedua pihak yang panas (EXO-BAP) award hiburan! Nah! Pinter ‘kan? Aishhh… tetep aja, setiap inget ini, aku masih suka cengar-cengir sendiri. EPIC!! Bagian terbaiknya, award ini jatuh ke tangan yang pantas!

Dan… berita baiknya, karena EXO-K nggak dapet, jadi jatah untuk SHINee aman! Eh, bukan berarti SHINee nggak bagus ya! Kuakui dance mereka emang bagus kok (apalagi klo dibandingin ama BIGBANG #uhuk)

Hmm… DBSK, eh, TVXQ ternyata nggak dapet 1 award pun. Kenapa, SM? Apa dapet award ataupun tidak udah tidak lagi membawa pengaruh banyak pada mereka? Entahlah….

Soal Daesang Award :

Aku kok ngerasa agak-agak kebalik-balik gitu ya?

Artist of of the Year malah ke BIGBANG, bukannya bagusan Super Junior ya? As an idol, i mean.

Trus, Song of the Year. Emang sih, Gangnam Style-nya PSY fenomenal banget. Tapi… secara musikalitas, bukannya Blue-nya BIGBANG lebih bagus ya? Ah… tapi lagu BIGBANG nggak masuk nominasi ini ya. Ya sudahlah. Toh lagu Gangnam Style juga bikinan PSY beneran kok. Kalau sampe award ini jatuh ke pihak yang bukan penciptanya… baru rasanya aneh. Maksudku, misalnya lagunya Super Junior yang menang, itu artinya SJ cuma mewakili composer-nya buat nerima award itu. If only you know what i mean.

Secara keseluruhan, banyak ironi, tapi… AKU SUKA!! *

>:)

Ah… dan aku nggak ngikutin GDA. Males aja. No more comment, terlalu banyak issue nggak enak antara GDA dan YG. Period.