Wuttt… anonymous VIP? Huekekekek… mungkin lebih tepatnya Anonymous vs VIP. Atau… VIP vs Anonymous? Bodo ah, sama aja.

VIP. Tau ‘kan ya? Fans-nya BIGBANG.

Anonymous? Ehm… anggep aja fans-nya EXO. Mereka emang blom punya official name buat fans-nya ‘kan? Dan aku entah kenapa dari jaman kapan tau, suka banget ama anonymous. Berasa misterius gimana gitu, hehehe…

Trus, hubungannya?

Baik-baik aja kok. Aman terkendali.

??????

Hehehe… sorry.

Sepertinya, blog ini kedepannya akan lebih banyak sebagai media curhat. Harap maklum ya. Buat yang nggak suka ama curhatan absurd seorang Yen, ya nggak usah baca. Gampang , ‘kan? Huehehehe….

Duh, pengen ngeluh dikit : sementara urusan kampus udah mulai memburu (ampe hari sabtu aja ditelpon! SABTU?!), kerjaan kantor juga belum selesai aku beresin ataupun aku delegasikan. Huaaaa….

OK. Cukup ngeluhnya. Sekarang balik ke anonymous VIP.

Aku suka BIGBANG? Oh… nggak usah sok polos dan naif deh. Udah keliatan banget ‘kan klo sejak lama aku suka ama BIGBANG? Emang masih suka menyangkal sih, tapi sebenernya suka (pake banget). Aku suka karena mereka itu punya kualitas, berani mengungkapkan pemikiran (yang terkadang cukup keras dan terkesan sombong/arogan), deep thinker, sembodo (bahasa indonesianya apa ya?), dll. Terlalu banyak buat ditulis semua. Intinya, banyak pelajaran yang bisa aku ambil dari mereka.

Aku suka EXO? Yap, sisi diriku yang absurd suka ama EXO. Kenapa? Karena mereka mirip karakter yang baru saja berlompatan keluar dari halaman-halaman manga (if you know what i mean). Juga karena fans mereka yang beragam. Mulai dari yang labil parah, pervert, fanboy heboh, sampai seseorang yang… menurutku sangat positif, deep thinker dan bijaksana (moonlight).  Selain itu, aku tau EXO sejak mereka belum debut, masih jaman-jaman teaser yang bejibun parah itu. Asyik aja mengikuti perkembangan mereka. Awalnya, aku tertarik ama konsep mereka yang berasal dari planet manalah, dengan segala simbol-simbol, kontroversi iluminati dan segala macam konspirasi itu. Trus dengan strategi pemasaran yang diterapkan pihak managemen EXO dalam ‘menjual’ mereka, menarik buat diikuti dan dianalisa. Dan akhir-akhir ini, merasa sedikit prihatin ama Lay.

Duh, sungguh BIGBANG beruntung karena mereka dapet agensi seperti YG. Tempat di mana mereka bisa mengembangkan kreatifitas dan talenta yang mereka punya. Lay…. Coba deh baca ini dulu:

***

[TRANS] 130409 [From. LAY] Hello. This is Lay. ^^

Today is our 1st anniversary, and the day that I can post replies for our fans..
However I wrote so little TT
Although I want to speak a lot with everyone~ Maybe in the next opportunity^^
Thank you for looking after us for 1 year.
I will keep trying to make the perfect Lay appearance and show all of you~
I will show everyone the songs Lay has composed and also make cool dances to show you.
I will also play the piano and the guitar for all of you.
I will become the Lay who can show many improved sides.
I’m not feeling too well today~ Everyone please take care too.
In China there is this saying. “Health is the seed money for revolution.”
Thank you everyone. My heroes~~

Translated by yixing_s @ SMent_EXO

atau… versi lainnya lagi (intinya sama kok)

“Its our one year anniversary today, so we replied our fans on our fan board. But it seemed too little to me though.
I would like to reply to more fans…we can do it next time
Thank you for taking good care of me in the past one year
I will try my best
And present the best side of me to my fans
I would like to sing the songs I’ve written myself to all of you, show you guys the dance that I’ve choreographed myself, play the piano, play the guitar…
Hopefully one day I’ll be able to show you, the different sides of me.
I’m not feeling well today
Do take care of yourself
be careful and stay healthy
Thank you, my heroines.”

Translated by Planet_EXO

***

[FAN] [[Yixing!!]] I’ll be by your side~~Anticipating your new compositions~~

You are the one who is a hero!

[LAY] Hello I’m L

Thank you~~~~ I still have many many songs that have not made it ‘onto the market’

***

Got it? Lay memang belum se-keren dan se-hebat GD dalam hal composing. Tapi, setidaknya dia punya niat dan berusaha. Dan, apakah salah klo aku underestimed ama SM? Citra mereka selama ini nggak begitu bagus, setidaknya itu yang aku tangkap. Kangta dan BoA, sedikit dari SM yang ‘diperbolehkan’ mengeksplor kemampuan mencipta lagu dan menjadi produser. Dan itu… maaf, belum ada gaungnya. Mungkinkah Lay (sekarang atau suatu saat nanti) bisa dapet dukungan penuh dari SM? Semoga.

Andante, lagu yang notabene diciptakan sendiri oleh anggota SuJu. Menurutku, bagus (terlepas bahwa aku tidak punya kompetensi dalam menilai seni musik, huekekekek…), sayang kayak di-anaktiri-kan oleh SM.

Ah… tapi kurasa SM akhir-akhir ini berubah kok. Gimanapun mereka pasti belajar dari kesuksesan BIGBANG dan YG. Bukan berarti ganti strategi trus ngikutin YG, bukan. Cuma, pastilah terbersit dibenak mereka, semacam, “Oh… nggak cuma idol kok yang laku dijual, musisi juga bisa.”

Oh!! STOP IT, YEN!!

Lay… Lay… Lay…

OK. Aku emang overthinking, biased.

Mbaca novel Mayan-nya Sanie B. Kuncoro aja bisa bikin aku inget Lay dan pengen nangis, padahal nyaris nggak ada hubungannya. Kecuali Mayan dan Yixing sama-sama Chinese. Dan ngeliat di manalah klo Yixing berada paling bawah di urutan kekayaan anggota EXO, bikin aku mikir, jangan-jangan Yixing ini, dulunya, hidupnya nggak jauh-jauh dari hidup Mayan. Yah, siapa tahu? Sekali lagi ini cuma overthinking. Siapa tahu Lay emang sejak kecil bercita-cita jadi artis, musisi (terbukti dia udah malang melintang di tv China sejak masih bocah) dan bukannya tuntutan ekonomi semata.

Seseorang, yang sejak muda bercita-cita jadi musisi. Sejak muda udah nyiptain dan ngerekam lagunya sendiri. Saat dia harus mengikuti segala intruksi, nyanyiin lagu yang bahkan bukan dibuat khusus buat dia. Mungkin juga bukan jenis lagu yang dia suka. Nyanyiin lagu yang sengaja dibuat untuk pasar. Gimana rasanya? Berasa menggadaikan idealisme, bukan? Entahlah.

Ok. Ok. Aku bakalan bener-bener berhenti. Cukup segala spekulasi nggak penting ini.

Intinya, aku berusaha untuk selalu inget dan mensyukuri apa yang aku punya, dan apa yang terjadi padaku.

Aku nggak pernah tahu, bahwa diluar sana, ada seseorang yang sudah berjuang mati-matian buat punya sesuatu yang serupa dengan yang aku punya dan belum juga berhasil meraihnya. Sementara aku mendapatkan sesuatu itu dengan mudahnya, nyaris tanpa berjuang.

Aku bersyukur, sejauh ini masih bisa memegang idealisme-ku kuat-kuat. Tentu ada kompromi di sana-sini. Ada yang harus dikorbankan atau setidaknya ditunda sementara waktu agar idealisme itu terjaga. Namun aku juga ingat, diluar sana ada orang yang harus mengorbankan idealisme mereka karena alasan tertentu. Duh, mengorbankan idealisme, apa yang lebih nyesek dari itu?

Last but not least,

Yixing… keep your promises, ok?

Apapun yang terjadi, seberat dan sesakit apapun rintangannya (bahkan klo suatu saat kamu harus keluar dari EXO dan SM), kumohon jangan menyerah. Aku selalu salut (sekaligus merasa bersalah) pada orang-orang yang konsisten mengejar mimpi dan cita-cita mereka. Orang-orang yang berjuang, bekerja keras dan pantang menyerah untuk menggapai angan. Sebagai orang yang (entah bagaimana) hampir selalu mendapatkan apa yang diinginkan dengan cara relatif mudah (alhamdulillah), aku nggak akan pernah tahu bagaimana sakitnya kalian. Sungguh aku salut!!

Dan sepertinya, ini bukan cuma buat Yixing, tapi untuk semua orang, setiap masing-masing orang yang sedang berusaha, berjuang, bekerja keras menggapai cita : SEMANGAT!! JIA YO!! GANBATTE!! FIGHTING!!

Teman, klo ada yang bisa aku bantu, jangan sungkan-sungkan untuk minta tolong padaku!

Yen, with lots of love❤