TENGGARING (Fiction Vers.)

Awalnya, TENGGARING adalah fanfic yang ku buat dan dipublish di SF3SI. Bagi yang pengen baca versi fanfic-nya, sila baca di sini : Tenggaring (FF Version)

Ada reader yang bilang klo FF-ku ini bahasanya mirip novel, bahkan ada yang bilang bisa dijadiin novel.

Yeah, aku tahu itu pujian yang berlebihan, jauh panggang dari api. Hehehe…

Tapi, gimana dong?? AKu terlanjur besar kepala dan tidak tau diri!

Dan…

Aku memutuskan untuk menjadikannya kenyataan. TENGGARING HARUS JADI NOVEL!!

Mimpi? Ga mungkin? Biar aja. Toh sesuatu juga bisa berawal dari mimpi yang ga mungkin.

Untuk mencapai obsesi ini, aku harus rela merombak dan nge-revisi habis-habisan FF-ku.

Alasan pertama. Fanfiction rentan tuduhan plagiat dan pelanggaran hak cipta. Apalagi, FF memuat karakter dan nama tokoh nyata (yang terkenal pula!). Kebayang kan sulitnya nerbitin novel (walopun aku juga ga yakin, ada penerbit yang mau untuk sekadar ngelirik Tenggaring-ku. Hiks, hiks, hiks…) yang berupa FF. Harus minta ijin ama yang punya hak cipta, ama yang punya nama. Jadi, aku harus ngerubah nama-nama yang aku pake di TENGGARING. But, karakternya tetep kok, ga berubah. Sedikit penyesuaian di sana-sini, tentunya.

Alasan kedua. FF ini ku tulis dari sudut pandang orang pertama, “Ara”. Ternyata eh ternyata, ribet banget ngembangin ide dari sudut pandang ini. Aku kesulitan mengeksplor karakter selain karakter si “Ara”. Aku kan cuma penulis amatiran yang moody dan ga konsisten (Hiks!). Jadilah, diganti sudut pandang. Ribet juga ternyata. Bikin stress!

Hemmm… proyek ini bakalan jadi proyek besar yang butuh banyak riset, banyak kontemplasi dan banyak waktu, entah kapan selesainya (semoga masih di tahun ini).  Gapapa deh, kata Oasis, “Little by Little”.

YENNI!! SEMANGAT!!

TENGGARING

Prolog

Bagian I.  Kakak (Hantu) Menara Air

  1. Sekolah Baru (1)
  2. Sekolah Baru (2)
  3. Hantu??
  4. Penelusuran Jejak (1)
  5. Penelusuran Jejak (2)
  6. Klotok dan Sungai Sekonyer

Bagian II.  Ryū yang (tiba-tiba?) Aneh

  1. Pengkhianat (1)
  2. Pengkhianat (2)
  3. Perkelahian (?)
  4. Teman : ‘Berantem dikit, baikan’
  5. Klarifikasi, Rekonsiliasi
  6. Edelweis dan Penggapai Atap-atap Dunia
  7. Akhir yang Memulai

Bagian III.  90% Dreamer, 10% Chemist

Epilog

NB:

Cerita ini hanyalah fiksi belaka. Jika ada kesamaan nama tokoh (terutama nama Korea dan Jepang), karakter, dan tempat kejadian, aku mohon maaf sebesar-besarnya.

Sungguh aku tidak bermaksud sengaja. Dan aku juga sudah pusing sangat untuk nyari nama (curhat).

17 thoughts on “TENGGARING (Fiction Vers.)”

  1. Aaaaah setuju banget dijadiin novel, aku dukung, AKU DUKUUUUNG *ngibarin bendera merah putih*
    Suka banget sama cerita tenggaring, sumpah, S-U-K-A!

    Ayo eonnie, fighting!

  2. Aku juga setuju!!
    mana penghianat 2 nya Yen??? Manaaaa???
    Gatel nunggu cerita Ryu he..

    Aku baru 2 minggu lagi nih bebas dari tante2 jutek dengan ocehan ‘don’t do this. don’t do that’
    Jadi kamu bikinnya dalam 2 minggu ini aja ya.. *Yen: maksa ente? *aku: *nganggukpolos*
    ahaha.bercanda lah..kapanpun akan kutungguuu ^^

    Eonnie FIGHTINGGGG!!! ahahaha ^^v

  3. Hey!! Ini pada ngapain? Kok malah bertengkar (fighting) di sini?

    Aishh… kalian ini, ada org nggak tau diri kok malah didukung sih?
    Well, aku kan dah bilang ini proyek panjang, akhir tahun kelar aja dah syukur bgt.
    *alasan aja nih, padahal emang mentok ga ada ide. Bantuin dong!!*

    Gyah, pada manggil Eonnie segala *sok ga enak, padahal seneng bgt.*
    #Sunbae!! Eonnie!! Oppa!! Nih, liat aku punya dongsaeng, kekeke… Bangga!!

    • ane newbie banget kayaknya klo liat toking-toking (perbincangan) saudara setanah air diatas. what means “tenggaring ” … kasih pencerahan dunk..

  4. Mas Arik : Tenggaring itu nama pohon, mas. Sejenis rambutan (beda varietas apa spesies gitu, lupa) yang dijadiin flora identitas Kalimantan Tengah.
    Nah… dalam konteks ini, Tenggaring itu judul cerita fiksi bikinanku.
    Gitu…🙂

  5. aku suka ceritanya!!! *datang dari antah barantah*
    semoga bisa jadi novel dan diterbitkan.. amin😀

    oya, namaku ami, 17 th, salam kenal😀

  6. Ami~
    Salam kenal juga…
    Dari antah berantah??
    Hehehe… sama dong, kita satu dunia berarti (apalah ini??)

  7. Wuih di jadiin novel??
    SETUJUUUUU ✽-(ˆ▽ˆ)/✽ ✽\(ˆ▽ˆ)-✽

    Aku tunggu jam terbangmu di Gramedia kak!! Weheeeeey!! Pasti kaka bakal dikenal sama temen-temen-ku yang PARAH BANGET ketertarikannya pada novel .___. Pasti ahh pasti .___. Atau mungkin bisa gabung di arena teenlit? Kaka masih remaja kan? #sotoy #nasib

    Tapiii~ yang ‘Bagian III’ nya mana?

  8. haninb said:

    aku setuju kalo tenggaring jadi novel, nanti aku beli :3 aku suka banget karakter Ara yang serabutan (?)😄 pokoknya aku dukung!! ^^

  9. r.rafika said:

    ceritanya bagus, ringan, menghibur dan bikin penasaran. sedikit saran, kalimantan tengahnya kurang terasa, gaya bahasanya masih terlalu jakarta dengan elo-gue nya jadi agak bias untuk setting cerita. mungkin bisa liat Aku, Kamu dan Sepucuk Angpau Merah *ketahuan fans TereLiye :)*

    pohon tenggaringnya kurang dilibatin pad Bab II, mungkin Jung Gi yang sakaw, perkelahian Aria dan Surya, trus yg paling romantis pas Ara baikan sama Ryu bisa di setting di bawah pohon tenggaring (maksudnya biar pohonnya jd bagian dari hidup ara)

    ehh, kebanyakan sarannya ya???maaf bukan pakar dalam tulis menulis, cuma sekedar suka baca🙂

    semangat!!! *klo novelnya terbit, janji kasih tandatangan buat buku aq ya*

    • UWOOOO….

      Makasih banget sarannya, Fika~
      Beneren deh, tiba-tiba semangat yang udah mulai luntur tumbuh lagi.
      Semangat!!

      Hehehe… iya juga ya. Elo-gue itu jakarta banget #tepokjidat
      First chapter-nya juga kurang greget.
      Bab II kesannya lepas dari Bab I, alurnya juga kurang halus.
      Dan Bab III entah gimana nasibnya, hiks.

      Revisi, revisi, revisi.

      Bener-bener makasih banyak buat masukannya. Berasa dapet masukan dari editor novel. Huaaaa….

      Doain supaya bisa jadi novel ya. Walopun kayaknya perjalanan menuju ke sana masih jauh banget.

      SEMANGAT!!

  10. Salam kenal Mbak, Yen.. Semoga lancar dan sukses novelnya. Amiinn🙂

  11. Salam kenal Yen eonnie *sokakrab*
    Rinda imnida, 96line
    Aku kemaren iseng nyari rekomendasi ff shinee, dan yah aku dapet rekomendasi dari blognya byulgi eonnie tentang ff tenggaring.. Awalnya aku agak aneh sama judul ff’nya dan ogah2an baca karena gaya penulisan eonnie yg berbeda.. Jadi aku paksain untuk aku baca dan akhirnya setelah baca itu ff sampe tamat, aku akuin kalo ff itu BENER2 KEREN..
    Serius, aku bener2 jatuh cinta sama itu ff.. Dan setelah baca postingan eonnie diatas entah kenapa aku bener2 seneng, aku bener2 ngedukung kalo eonnie bener2 mau bikin itu ff jadi novel..
    Ayoo eonnie semangat, fighthing!!
    Nanti kalo novelnya udah jadi aku bakalan beli, biar harus nyari ampe luar kota juga ga pa2.. (Maklum aku tinggal di Sampit, yg hampir ga ada toko buku)
    Ah, komen aku kepanjangan ya eon, mian aku bener2 antusias.. Sekali lagi semangat eonnie..

    • Salam kenal, Rinda~
      Aduh, aduh, kok nanyain Novel?
      Hmm… itu Tenggaring blom layak buat terbit. Masih banyak bolongnya.
      Dan masalahnya adalah… aku males mo ngedit lagi.
      Hehehe… maaf. Sekarang lg fokus ngerjain paper kuliah yang bejibun.
      Maaf, maaf, maaf.

      Aku pribadi sih masih berharap bisa nerbitin novel.
      Yeah, liat nanti aja deh.

      Tengkyu dah berkunjung, Rinda~🙂

      • rinda said:

        Aamiin, semoga harapannya terwujud..
        Semoga lancar juga urusan kuliahnya..
        Semoga dengan datangnya onew ke Kalimantan bisa buat semangat eonnie terpacu buat wujudin harapannya nerbitin novel tenggaring..😀

  12. linlintang said:

    kak Yen..kok tiap baca Tenggaring, aku mbayangin si Ryu kayak Kazune di Kamichama karin ya?? hehe..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s